Selasa, 25 Juni 2013

Obat Tradisional dan Ampuh untuk Batuk

Banyak Obat batuk tradisional atau alami untuk berdahak dan kering sangat baik untuk anda. Batuk umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada reseptor saluran pernafasan, baik itu berupa debu, bakteri, ataupun lendir dan dahak. Ketika hal itu terjadi maka lapisan syaraf pada saluran pernafasan secara refleks akan merespon secara terus menerus yang akhirnya kita sebut batuk.
Jika hal tersebut terjadi maka anda bia mencoba obat batuk tradisional dengan bahan alami berikut ini: 

Batuk Berdahak:
1. Jahe dan KencurJahe memiliki kandungan anti bakteri yang cukup baik yang mampu menghilangkan dahak. Selain itu jahe juga mampu menghangatkan tubuh yang menggigil akibat gejala batuk dan demam. Caranya: Iris jahe dan kencur tipis-tipis, di parut juga bisa. Kemudian rebus irisan tersebut peras dan ambil airnya. Minum air tersebut sehari 3 kali, atau ketika tenggorokan merasa gatal.


2. Air Putih – Dengan mengkonsumsi banyak air putih, dahak Anda akan bisa semakin encer. Hal tersebut akan menyebabkan dahak Anda lebih mudah untuk dikeluarkan. Usahakan minum air putih 7-8 gelas sehari.

Jahe – Bahan ini bisa berfungsi sangat baik sebagai pengencer dahak. Cara membuatnya pun tidak sulit, cukup dengan mengiris kecil kecil jahe dan mencampurkannya dengan ekstrak beras kencur. Rebus kedua bahan tersebut lalu peras. Minum perasannya sehari sekali

3.  Jeruk NipisJeruk nipis yang di campur dengan kecap sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak yang alami. Anda dapat menggunakan obat ini untuk mengobati batuk berdahak. Apabila tidak suka dengan kecap maka bisa digantikan dengan madu. Caranya: Peras jeruk nipis dan campur dengan kecap atau madu. Minum sebanyak 3 kali sehari.

4. Daun SirihDaun sirih juga banyak mengandung antibiotik yang bisa dijadikan sebagai obat batuk berdahak dan mengeluarkan dahak. Caranya:  Rebus daun sirih yang di campur dengan sedikit jahe. Diamkan air rebusan untuk beberapa saat, minim sebanyak 1 kali sehari.


Obat Batuk Kering:

1. Kunyit dan Madu
Untuk mengobati batuk kering, bisa memanfaatkan kunyit dan madu, serta bisa ditambah susu. Kunyit memiliki khasial alami untuk menghilangkan batuk kering akibat radang pernafasan. Caranya: Buatlah satu gelas susu kemudian tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk halus. Kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum 1 hari 2 - 3 kali.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi telah diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk batuk berdahak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara siapkan satu gelas air putih, masukan 2-3 lembar daun kemangi, rebus air tersebut dan munum selagi hangat.

3. Seledri dan Madu
Madu dan seledri juga dapat mengobati batuk. Caranya: Cuci bersih 30 gr daun seledri kemudian potong-potong. Masukan potongan pada 3 gelas air yang direbus, biarkan hingga sisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Belimbing Wuluh – buah ini mempunyai rasa yang sangat asam, tentu Anda tidak akan menggunakannya tanpa bahan lain untuk mengobati batuk kering Anda. Gunakan air kencur dan madu sebagai pencampur belimbing wuluh ini, buat menjadi minuman yang segar untuk mengatasi tenggorokan yang gatal.

5. Jeruk Nipis – buah ini memang sudah terkenal bisa mengobati masalah tenggorokan. Caranya pun cukup mudah, peras jeruk tersebut campurkan dengan sedikit kecap dan beri air hangat. Ramuan ini akan membuat tenggorokan Anda nyaman dan tidak gatal lagi.

Cukup Istirahat – Tidur atau istirahat dengan cukup memang diperlukan untuk kesehatan kita, karena dengan istirahat cukup, daya tahan tubuh bisa meningkat dengan sendirinya. Disamping itu, dengan beristirahat cukup, Anda bisa menekan penyakit batuk kering tersebut sampai hilang. Namun terkadang kita dibuat sulit untuk tidur saat terkena batuk, cobalah resep-resep diatas lalu beristirahat.

0 komentar